L’Oréal Luncurkan Buku ‘The Essentiality of Beauty’, Rayakan 45 Tahun Perjalanannya di Indonesia

L’Oréal sebagai salah satu perusahaan kecantikan nomor 1 di dunia kini sedang merayakan 45 tahun perjalanannya di Indonesia. Untuk memperingati moment istimewa itu, L’Oréal pun meluncurkan buku berjudul ‘The Essentiality of Beauty’. Buku itu berisi mengenai kecantikan yang menjadi elemen penting dalam kehidupan manusia, membawa dampak sosial dan ekonomi yang berkelanjutan bagi Indonesia. 

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, L’Oréal telah menjadi bagian penting dalam perkembangan industri kecantikan Indonesia. Hal itu diwujudkan dengan menghadirkan 21 merek global, membangun pabrik terbesar di dunia, menghargai lingkungan, dan memberdayakan masyarakat. Bidang kecantikan sendiri juga memiliki peran yang cukup penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. 

Kecantikan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tidak hanya dalam bentuk estetika saja, tetapi juga sebagai bentuk ekspresi dan kepercayaan diri. Sebuah studi menunjukkan bahwa rata-rata seseorang menggunakan 4-5 produk makeup setiap hari, dengan 79% di antaranya merasa lebih percaya diri saat tampil di depan umum dengan riasan. Memahami hal tersebut, L’Oréal Indonesia terus mengutamakan wawasan lokal dalam riset dan inovasi merek dengan melibatkan lebih dari 26.000 konsumen dan 1.500 dermatolog di Indonesia.

Loreal“Dengan komitmen untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan Indonesia, L’Oréal telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan industri kecantikan dan kemajuan sosial-ekonomi di Indonesia selama 45 tahun. Secara total, operasi bisnis LOréal turut berkontribusi membuka 26.884 lapangan pekerjaan di perekonomian Indonesia. Pabrik Yasulor yang berdiri sejak tahun 1986, merupakan bukti investasi jangka panjang L’Oréal di Indonesia. Sebagai fasilitas produksi terbesar L’Oréal di dunia dan pusat produksi Halal bagi Grup, Yasulor mengekspor lebih dari 60% produksinya ke 20 negara, menjadikan L’Oréal sebagai bisnis Net Eksportir di Indonesia,” terang Presiden Direktur L’Oréal Indonesia, Junaid Murtaza.

L’Oréal juga terus berkomitmen untuk mendukung masyarakat Indonesia melalui berbagai program pemberdayaan komunitas selama lebih dari dua dekade. Program L’Oréal-UNESCO For Women in Science telah memberikan penghargaan kepada 75 perempuan peneliti Indonesia selama lebih dari 21 tahun terakhir. Selain itu, program L’Oréal’s Beauty for a Better Life dan Hairducation telah meningkatkan keterampilan lebih dari 5.600 perempuan rentan serta 2.800 siswa vokasi di seluruh Indonesia. 

Keberlanjutan juga menjadi prioritas utama bagi L’Oréal. Di Indonesia, L’Oréal berhasil mencapai 100% energi terbaru di seluruh lokasi operasionalnya pada akhir tahun 2023 serta telah mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 300 ton limbah pasca-konsumen dalam setahun terakhir. Perusahaan juga telah meningkatkan nilai keberlanjutan dalam produknya, seperti parfum Libre dari YSL Beauty yang menggunakan minyak nilam yang berasal dari Ladongi, Sulawesi, pewarna rambut L’Oréal Professionnel iNOA yang menggunakan 100% formula berbahan dasar vegan, serta botol Garnier Micellar Water yang terbuat dari 100% plastik daur ulang.

Loreal Airlangga HartartoDalam hal ini, L’Oréal Indonesia turut mendukung kesejahteraan mental melalui program seperti Maybelline New York Brave Together, yang telah membantu lebih dari 126.955 individu yang mengalami kecemasan dan depresi melalui layanan konseling gratis. Program L’Oréal Professionnel Head Up telah melatih 2.338 penata rambut untuk meningkatkan kesadaran akan tantangan kesehatan mental dalam profesi mereka.

Di perjalanannya yang ke-45 tahun ini pun, L’Oréal menghadirkan semangat bagi dengan meluncurkan sebuah buku. Bernama ‘The Essentiality of Beauty’, buku ini diharapakan dapat menginspirasi lebih banyak orang dan meningkatkan kesadaran akan peran penting industri kecantikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa kecantikan tidak hanya dalam batasan tertentu saja, tapi memiliki makna yang lebih luas. 

“L'Oréal adalah salah satu perusahaan multinasional yang ‘Indonesia banget’. Selama 45 tahun beroperasi di Indonesia, L'Oréal memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mendorong produksi dalam negeri dan ekspor. Kami mengapresiasi inovasi yang dilakukan L'Oréal, mulai dari pendirian pusat riset, penyediaan berbagai pelatihan, hingga memproduksi berbagai macam produk kecantikan. Begitu pula dengan kontribusi L'Oréal pada industri kecantikan dalam menciptakan lapangan pekerjaan, mendukung ekonomi lokal dan UMKM,” jelas Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

cns news

SUBSCRIBE TO OUR MONTHLY NEWSLETTER TO GET THE LATEST UPDATES.