Di Hari Jadinya yang Ke-7, Kopi Kenangan Ekspansi ke Filipina & India

Di bulan Agustus 2024 ini, Kopi Kenangan merayakan hari jadinya yang ke-7. Perjalanan Kopi Kenangan itu pun berawal dari sebuah outlet kecil di salah satu gedung perkantoran di kawasan Satrio, Jakarta Selatan. Dari sebuah outlet itu, Kopi Kenangan pun makin berkembang dan sukses menarik minat masyarakat di Tanah Air maupun luar negri. Bahkan kini di HUT-nya yang ketujuh, Kopi Kenangan siap melebarkan sayap ke Filipina dan India. 

Kopi Kenangan awalnya dimodali oleh 3 pendirinya, yakni Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Kemudian di tahun 2018, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan Seri A pertamanya dari penyanyi rap Jay-Z serta petenis dunia Serena Williams. Di tahun 2021, Kopi Kenangan resmi memperoleh status New Retail F&B Unicorn pertama se-Asia Tenggara setelah memperoleh pendanaan Seri C. Tahun 2022, Kopi Kenangan mewujudkan visinya untuk memperkenalkan kopi Indonesia dengan membuka gerai pertama di Malaysia. Dan di tahun 2023 Kopi Kenangan hadir di Singapura.

Kopi Kenangan

“Sepak terjang tujuh tahun Kopi Kenangan di Indonesia telah berhasil menghadirkan lebih dari 900 gerai. Guna mewujudkan visi untuk menghadirkan kopi lokal berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat, kami menargetkan untuk memiliki 2.000 gerai Kenangan Brands di Indonesia pada tahun 2027 mendatang. Di kesempatan ini, kami merayakan perjalanan luar biasa yang telah membawa kami dari sebuah kedai kecil di Indonesia ke panggung internasional. Ekspansi ke Malaysia dan Singapura adalah bukti komitmen kami untuk menyajikan kopi berkualitas kepada lebih banyak orang di seluruh dunia. Ke depan, harapan kami adalah terus memperluas jangkauan dengan membuka 500 gerai internasional Kenangan Coffee yang akan tersebar di berbagai negara,” kata Edward Tirtanata, Group CEO and Co-Founder of Kopi Kenangan.

Di ulang tahun ke-7 ini, Kopi Kenangan pun mengumumkan untuk berekspansi kembali ke negara lainnya. Negara yang dipilih adalah Filipina dan India. Sama seperti di Malaysia dan Singapura, kedua negara itu juga akan beroperasi di bawah nama merek internasional Kenangan Coffee. Negara Filipina dipilih jadi negara ketiga di Asia Tenggara yang akan disambangi oleh Kenangan Coffee karena masyarakat di sana memiliki selera kudapan manis yang mirip dengan Indonesia. Tak hanya itu saja, generasi muda di Filipina juga sedang menggemari kopi fresh brew. Gerai pertama di Filipina itu nantinya akan berlokasi di salah satu mal terkemuka di Manila. 

Sedangakan untuk gerai pertamanya di India akan dihadirkan pada awal tahun 2025 mendatang. Negara India ini menjadi ekspansi pertama Kopi Kenangan ke negara di luar Asia Tenggara. Negara India dipilih karena konsumsi kopi di India sedang naik daun di kalangan Gen Z dan Millennials. Diharapkan dengan membuka gerai pertamanya di India, maka masyarakat di sana bisa menikmati sensasi rasa kopi khas Indonesia yang ditawarkan oleh Kopi Kenangan (Kenangan Coffee). Seluruh produk kopi hingga gula area sebagai bahan utamanya dikirim langsung dari Indonesia. 

Kopi Kenangan
Kopi Kenangan siap buka di Filipina dan India

Dari berbagai produk dan varian kopi yang ditawarkan, Kopi Kenangan Mantan tetap jadi produk favorit dan unggulan di Kopi Kenangan di Tanah Air. Sedangkan untuk makanan pendampingnya, ada Butter Croissant, Roti Coklat Klasik, dan Bambang Choco Cheese Toast yang jadi favoritnya. Sedangkan untuk Kopi Kenangan di Malaysia dan Singapura, produk minuman yang paling banyak dibeli ada Kenangan Latte, Salted Caramel Macchiato, dan Dspanish Latte. Sedangkan untuk makanannya. Ada Muffin, Donut, dan Curry Puff.   

“Dua tahun sejak ekspansi internasional pertama kami, Kenangan Coffee telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain utama di pasar Asia Tenggara, dengan pertumbuhan signifikan di Malaysia dan Singapura. Pencapaian luar biasa ini tidak hanya mencerminkan kekuatan merek kami, tetapi juga memberikan keyakinan bahwa kami berada di jalur yang tepat untuk terus berkembang. Saat membuka gerai di Malaysia dan Singapura, kami mendapat sambutan yang sangat baik. Begitu pun dengan Filipina dan India, kami merasa sangat yakin jika Kenangan Coffee juga akan diterima dengan baik oleh masyarakat di sana,” ungkap Jordan Lung selaku General Management Kenangan Coffee Malaysia & Singapore.

cns news

SUBSCRIBE TO OUR MONTHLY NEWSLETTER TO GET THE LATEST UPDATES.