McDonald’s (McD) yang hadir selama lebih dari 30 tahun telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian masyarakat. Lebih dari sekadar restoran cepat saji, McDonald’s Indonesia hadir sebagai tempat yang menyatukan kebahagiaan dan kebersamaan bagi para pelanggannya. Berbarengan dengan moment Ramadan, McD pun menghadirkan program seru bertema ‘Kebersamaan Dalam Satu Rasa’.
Program ini diwujudkan dengan menghadirkan kreasi menu spesial Ramadan, berbagi kebaikan pada masyarakat sekitar, hingga aktivitas menarik yang hanya bisa ditemukan saat moment Ramadan saja. McD Indonesia yang dinaungi oleh PT Rekso Nasional Food terus memegang komitmen untuk mempererat silaturahmi sambil menyebar kebahagiaan selama bulan penuh berkah ini melalui berbagai inisiatif program sosial dan kemanusiaan untuk membantu komunitas yang membutuhkan.
Luncurkan Menu Ayam Lengkuas & Sambal Bajak
Dalam semangat Ramadan ini, McD Indonesia memperkenalkan kembali salah satu menu ikonik yang telah mencuri hati pelanggan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Menu itu adalah Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak yang terinspirasi dari kecintaan masyarakat Indonesia terhadap ayam serundeng lengkuas dan sambal bajak sebagai pelengkapnya. Selain bisa dibeli secara ala carte, Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak ini juga tersedia dengan pilihan paket.
Kembali diluncurkan sejak tanggal 22 Februari 2025 lalu, Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak ini ditawarkan dengan dua pilihan paket berbeda. Yakni Paket Berempat dan Paket Berenam yang terdiri dari Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak, Spicy Chicken Bites, McFlurry Oreo, dan minuman Fruity Rasa Blewah. Paket spesial ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 46.000,-an untuk per orangnya.
“Inspirasi utama kami adalah ayam serundeng lengkuas yang merupakan salah satu menu yang disukai masyarakat Indonesia, dipadukan dengan uniknya sambal bajak yang memiliki citarasa khas pedas, manis, dan gurih, sehingga cocok untuk menemani moment berbuka puasa. Kami ingin menghadirkan sesuatu yang otentik, dengan menggunakan lengkuas sebagai bahan utama yang memberikan aroma khas dan rasa yang lebih kaya. Lebih dari itu, menu ini adalah menu yang sudah pernah kami hadirkan sebelumnya di tahun 2022 dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat,” ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.
Jumat Berkah Pada 300 Masjid
McD Indonesia juga ingin menginisiasi beragam program kemanusiaan untuk berbagi dengan masyarakat maupun komunitas yang membutuhkan. McD pun menghadirkan program bernama ‘Jumat Berkah’. Kegiatan ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 21 Maret 2025. Program ini dihadirkan untuk membuat menu spesial Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak menjadi lebih bermakna.
Bagi konsumen yang membeli Paket Bukber Mekdi ‘Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak’ Ber-4 atau Ber-6, maka ikut berpartisipasi dalam berbagi paket bukaan gratis kepada lebih dari 300 masjid di Indonesia. Bagi yang membeli Paket Ber-4 maka mendonasikan 1 paket bukaan, sedangkan bagi yang memesan paket Ber-6 maka mendonasikan 2 paket bukaan. Program ini awalnya ditargetkan bisa mengumpulkan 16.000 paket buka puasa. Namun, pada kenyataannya terkumpul lebih dari target itu karena tingginya antusiasme dari masyarakat yang membeli paket bukber ini.
Traktir BangDi NonDi Paket HeBat McSpaghetti & Nasi Uduk
Selama periode tanggal 7-31 Maret 2025, pelanggan yang memesan satu Paket BukBer Mekdi ‘Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak’ melalui layanan McDelivery secara otomatis akan mendonasikan satu Paket HeBat McSpaghetti untuk para mitra ojol yang disebut BangDi & NonDi.
Selain itu, McD Indonesia juga membagikan lebih dari 8.700 paket bukaan gratis kepada BangDi dan NonDi di seluruh Indonesia yang mengambil pesanan McDelivery di restoran pada 18 Maret 2025 lalu, pukul 17.00-19.00 waktu setempat. Menu yang dibagikan kepada merka adalah Nasi Uduk McD dan S-Tee. Program ini berlaku di 90 kota di Indonesia.
“Mengusung semangat ‘Dari Indonesia, untuk Indonesia’, tahun ini kami juga berfokus untuk berbagi bukaan dengan salah satu komunitas terbesar di Indonesia, yaitu komunitas pengemudi ojek online. Kegiatan berbagi ini merupakan salah satu wujud apresiasi dan kepedulian terhadap mitra layanan pesan antar, atau yang akrab kami sapa BangDi (Abang Mekdi) & NonDi (NoNa Mekdi). Kami sangat berterima kasih atas dedikasi mereka dalam mengantarkan pesanan pelanggan, apalagi di moment Ramadan ini saat mereka tetap bekerja keras meskipun sedang berpuasa,” ujar Meta Rostiawati, Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia.
SADORA (Safari Dongeng Ramadan)
McD Indonesia juga menghadirkan kebahagiaan dan kebersamaan dengan anak-anak lalui kegiatan Safari Dongeng Ramadan atau SADORA. Ini merupakan program yang begitu ditunggu-tunggu setiap Ramadan berlangsung. Konsisten dilaksanakan selama lebih dari 10 tahun, program ini berupa kegiatan mendongeng kisah-kisah penuh teladan dan budi pekerti sekaligus menghibur anak-anak saat menunggu waktu berbuka puasa . SADORA ini dilaksanakan antara tanggal 10-24 Maret 2025 di 128 restoran McDonald’s Indonesia yang berpartisipasi.
Selain bisa diikuti bleh anak-anak pelanggan McD, kegiatan ini juga dihadirkan untuk anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren di beberapa kota di Indonesia. Setelah mendengarkan cerita inspiratif SADORA yang penuh pesan kebaikan, maka akan ditutup dengan membagikan paket Happy Meal gratis untuk berbuka puasa. Kegiatan SADORA ini sudah menjangjkau lebih dari 1.000 orang anak di kawasan Pekanbaru, Bandung, Sumedang, Subang, Tasikmalaya, Malang, Jakarta, Makassar, dan kota lainnya.