Plaza Senayan sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta secara resmi memperkenalkan destinasi kuliner premium terbarunya. Bernama Yashinoki Yokocho, destinasi kuliner itu menghadirkan ragam tenant makanan dan minuman khas Jepang yang menggugah selera serta dikemas dalam dekorasi ruangan yang begitu indah.
Grand opening Yashinoki Yokocho dilangsungkan pada tanggal 7 Mei 2025 lalu. Menempati lokasi di Lantai 5 Plaza Senayan, Yashinoki Yokocho sebelumnya sudah melewati masa soft opening sejak bulan Desember 2024 lalu. Destinasi kuliner terbaru ini menghadirkan nuansa premium ala Jepang yang dikemas dalam suasana fine dining alley. Konsep Yashinoki Yokocho sendiri terinspirasi dari yokocho, yakni sebuah gang-gang kecil di Jepang yang dipenuhi oleh kedai makanan otentik dan ‘hidden gem’. Pengunjung yang masuk ke dalamnya ada menemukan booth tenant khas Jepang yang didominasi kayu, pohon sakura artifisial yang mempercantik area, hingga berbagai ornamen khas Jepang lainnya pun turut digunakan.
“Hadirnya Yashinoki Yokocho adalah sebuah penanda dari perjalanan yang berarti bagi Plaza Senayan. Tempat ini menandai babak baru yang mencerminkan komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman kuliner yang istimewa dan berkualitas bagi para pengunjung. Lebih dari sekedar itu, kami juga ingin menjadi jembatan lintas budaya antara Jepang dan Indonesia untuk mempererat hubungan dan saling berbagi keindahan budaya melalui kuliner. Dalam moment Grand Opening hari ini, kami mengundang seluruh penikmat kuliner untuk menjelajahi Yashinoki Yokocho yang menghadirkan citarasa otentik dan unik, dan menciptakan pengalaman bersantap ala Jepang yang beragam,” ungkap Shibuya Kazuhito selaku Direktur Utama Plaza Senayan.
Yashinoki Yokocho menghadirkan sejumlah tenant kuliner baru, bahkan beberapa di antaranya merupakan outlet pertama mereka di Indonesia. Saat ini, jumlah tenant telah bertambah dari 7 tenant menjadi 12 tenant. Setiap tenantnya sendiri, masing-masing menawarkan spesialisasi menu yang unik, mulai dari hidangan Jepang klasik hingga kontemporer dengan mengikuti trend yang berkembang. Berbagai tenant itu adalah Akashiro, Asa Kiosk, Bask., Chontea &Co, Don Maru, Kaku by Shikaku, Miyageten by NOD, Sakura Jewelry Sweets, Salmon Noodle 3.0, Shibasakitei, Torisoba Zagin, dan Yoka Yoka.
Kehadiran Yashinoki Yokocho sendiri menjadi wujud nyata dari kolaborasi Plaza Senayan bersama JCB, perusahaan layanan finansial asal Jepang. Sebagai mitra utama Plaza Senayan pada projek ini, JCB menegaskan komitmennya dalam mendukung pertukaran budaya dan kuliner Jepang di Indonesia melalui proyek ini. Pengunjung yang datang dapat mengikuti program promosi dengan cara bertransaksi di Yashinoki Yokocho menggunakan JCB Card. Dengan semakin banyak melakukan transaksi, semakin besar peluang untuk memenangkan berbagai hadiah menarik. Mulai dari tiket pergi pulang Jakarta–Jepang bersama ANA, 15 MAP Gift Voucher senilai satu juta rupiah untuk setiap pemenang, dan lainnya.
Pada acara Grand Opening Yashinoki Yokocho dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan budaya khas Jepang. Mulai dari Manekineko Ceremony, Kagamiwari Ceremony, pertunjukan Taiko by Wadaiko Benten, Taiko Okinawa by U-maku Eisa Shinka Indonesia, penampilan Koto oleh Jakarta Koto Club, dan penampilan dari Indonesia Yosakoi All Star. Pada kesempatan itu, juga turut hadir Masaki Yasushi selaku Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia. Ia pun menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi yang dinilai dapat menjadi jembatan persahabatan antara kedua negara melalui industri kuliner.