Ajang kompetisi bergengsi ‘Starbucks Barista Championship’ yang rutin diadakan oleh Starbucks Indonesia kembali hadir. Turut menggandeng MilkLife, kegiatan itu dilangsungkan selama 5 hari yang berlokasi di area Atrium LG Grand Indonesia East Mall, antara tanggal 12-16 Februari 2025.
Dari 400 barista berbakat Starbucks di seluruh negeri, akhirnya berhasil terpilihlah 9 (sembilan) orang barista terbaik yang dinilai lolos seleksi. Seluruh barista itu diwajibkan untuk menunjukkan keterampilan dan keahlian sebagai seorang barista, memberikan kesempatan untuk menciptakan moment kebersamaan dan bercerita sambil menikmati kopi, serta mampu membangun hubungan baik yang diciptakan oleh barista Starbucks setiap hari di komunitas yang mereka layani.
Berhasil lolos seleksi, sembilan barista Starbucks terbaik dari seluruh Indonesia dikumpulkan di Jakarta untuk kembali berkompetisi. Pada kompetisi ini setiap barista atau peserta kompetisi akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka untuk menyiapkan dan menyajikan tiga sajian dengan sempurna. Ketiga sajian yang dimaksudkan adalah Pour Over, Latte Art, dan Signature Beverage.
Kompetisi ini juga turut diramaikan oleh dua barista peraih penghargaan Starbucks 2024. Yaitu Renauldy Darma Wijaya sebagai Juara Starbucks Regional Latte Art 2024 dan George Emanuel selaku juara kedua Starbucks Regional Barista Champion 2024. Mereka berdua tergabung menjadi juri dari kompetisi Starbucks Barista Championship tahun ini bersama dengan beberapa juri lainnya.
Dari kompetisi tahap final ini, akhirnya terpilih tiga orang pemenang dengan penilaian terbaik. Untuk juara pertamanya diraih oleh Gregorius Michael dari Starbucks Reserve Glaxy Mall 3 Surabaya. Juara kedua didapatkan I Gusti Putu Bagus Krishna Dwipayana dari Starbucks Reserve Dewata Bali dan untuk juara ketiganya Cevin Jaka Hardo dari Starbucks Menteng Huis, Jakarta. Ketiga pemenang itu pun menerima sejumlah hadiah berupa tropi Starbucks Barista Championship 2025, menerima pelatihan intensif sebelum kompetisi tingkat regional tahun 2026, serta banyak kesempatan menarik yang akan dilakukan Starbucks baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Khusus untuk Gregorius Michael akan mewakili Indonesia di Starbucks Regional Barista Championship tingkat Asia.
Kompetisi tahun ini pun terasa makin semarak, karena Starbucks Indonesia menjalin kolaborasi dengan MilkLife. Sebagai perusahaan susu berkualitas tinggi, MilkLife ingin memberikan penghormatan sekaligus mendukung keahlian pada para barista di Indonesia. Penggunaan susu berkualitas baik pun turut memegang peran penting dalam proses pembuatan latte art, khususnya pada kompetisi kali ini.
"Melalui kompetisi ini, kami membuat ‘percakapan’ sambil minum kopi pada para barista kami sekaligus menunjukkan keahlian mereka untuk mengubah biji kopi sederhana menjadi karya seni yang luar biasa. Untuk memeriahkan acara ini, kami berkolaborasi dengan perusahaan susu berkualitas tinggi, MilkLife. Tahun ini bersama MilkLife, Starbucks ingin menghasilkan barista terbaik Indonesia, membangun komunitas lokal dengan semangat yang sama, mendukung petani lokal untuk menghasilkan produk berkualitas premium, termasuk terus menjadi pembeli utama 40% kopi Arabika Indonesia untuk gerai Starbucks di seluruh dunia. Melalui kompetisi kali ini, kita bisa menyaksikan Greg dengan keahliannya hingga berhasil meraih juara Starbucks Barista Championship tahun ini. Dia akan menjadi perwakilan Indonesia di tingkat Asia dan mudah-mudahan tingkat dunia,” terang Liryawati sebagai COO PT Sari Coffee Indonesia selaku pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia.
Starbucks Barista Championship 2025 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lainnya. Seperti acara Masterclass yang bisa diikuti secara gratis bersama dengan beberapa pakar kopi terkenal. Ada juga kegiatan talkshow menarik dengan tema berbeda, yaitu membahas kopi dan keberlanjutannya di masa depan, hingga bagaimana susu berkualitas baik itu penting untuk menciptakan kreasi kopi. Pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan kompetisi membuat latte art yakni ‘Latte Art Throwdown’ yang terbuka untuk umum.